PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Hewlett-Packard
(HP) adalah perusahaan terbesar di dunia IT. Ada perbedaan besar
antara budaya nasional Singapura dan Amerika Serikat, khususnya dalam dimensi Hofstede individualisme, menghindari
ketidakpastian dan kekuasaan jarak (Hofstede,
2003). Namun, budaya bisnis Singapura yang 'kebarat-baratan' karena untuk ekonomi yang mereka anut berbasis teknologi dan adanya pertumbuhan
multinasional organisasi. Ada kecenderungan teknologi
portabel dan kompak dalam pasar global TI. Kecenderungan ini mencerminkan beberapa strategi pembangunan
utama yang digunakan oleh HP, yang digunakan untuk meningkatkan
pangsa pasar di bidang-bidang seperti komputer portabel. HP juga mengembangkannya
perangkat
lunak dan sektor jasa untuk mempertahankan daya saing dengan perusahaan lain
dan cepat dalam mengembangkan sektor jasa IT di India. HP Singapura memiliki struktur organisasi divisi. Pernyataan
Misinya menunjukkan bahwa itu adalah sebuah perusahaan
visioner yang misinya adalah pusat operasinya. HP dibagi menjadi empat kelompok usaha utama meliputi PC, server, imaging dan produk percetakan, serta TI layanan dan penyimpanan.
Profil Perusahaan
Hewlett-Packard
Company NYSE : HPQ, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan
teknologi informasi terbesar dunia. dengan total
pendapatan $ US91.7 miliar pada tahun 2006
(Hewlett-Packard, 2007). HP berbasis di Amerika Serikat dan beroperasi
di lebih dari 170 negara. Laporan ini akan menganalisa operasi HP di Singapura,
di mana perusahaan
telah berbasis kantor pusat untuk kawasan Asia Pasifik. Hewlett-Packard
dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas
besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki
keberadaan global dalam bidang komputerisasi, percetakan, dan gambaran digital,
dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.
HP
ingin menjadi "itu" ketika datang ke TI. Hewlett-Packard menyediakan
salah satu portofolio dunia teknologi paling komprehensif dari perangkat keras,
perangkat lunak, dan jasa. Produk meliputi PC, server, perangkat penyimpanan,
printer, dan peralatan jaringan. Unit pelayanan, itu menyediakan TI dan proses
bisnis outsourcing, pengembangan aplikasi dan manajemen, konsultasi, integrasi
sistem, dan layanan teknologi lainnya. Produk perangkat lunak HP termasuk perusahaan
manajemen TI, manajemen informasi, intelijen bisnis, dan carrier-grade aplikasi
komunikasi. Pasar perusahaan untuk konsumen, bisnis, instansi pemerintah, dan
sekolah-sekolah di lebih dari 170 negara; sekitar dua-pertiga dari penjualan
berasal dari luar AS.
Pesaing utama HP
dalam bisnis PC termasuk:
·
Dell
·
Gateway,
·
Inc.
·
Lenovo (Purchased IBM's Non-server
Computer Business)
·
Sony
·
Toshiba
Berikut
adalah sejarah berdirinya perusahaan Hewlett Pacard.
Salah seorang pendiri
perusahaan Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada
tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan
perusahaan Hewlett-Packard (HP) bersama dengan David Packard yang meninggal
pada tahun 1996.
Perusahaan ini
didirikan hanya dengan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja
diambil dari nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett
pernah memegang berbagai jabatan penting. Namun sejak tahun 1978, Hewlett
berhenti dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.
Semasa menjadi
mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada
tahun 1934, Hewlett mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts) dari Stanford
University. Gelar masternya dalam bidang Electrical Engineering, ia dapat dari
Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun
kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur dari Stanford University. Perlu
diketahui juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 Honorary Degrees
dari berbagai universitas.
Sewaktu belajar di Stanford
University, dia bertemu dengan David Packard yang akhirnya menjadi sahabat baik
Hewlett. Perjalanan karir Hewlett bisa dibilang menarik. Selama perang dunia
ke-2, Hewlett pernah bekerja di Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya
di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk ke dalam sebuah tim yang bertugas
menginspeksi industri jepang ketika perang dunia ke-2 berakhir. Tahun 1947, setelah
kembali dari tugasnya itu, Hewlett pergi ke Palo Ato.
Ia mulai bekerja di
perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil
presiden di Hewlett-Packard Company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice
President. Tujuh tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada
tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini
selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.
Hewlett adalah salah
seorang yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan
memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas
jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima adalah
penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett juga adalah orang yang
mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan
sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di
Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution
of Washington dan Drug Abuse Council yang berada di Washington.
William R. Hewlett
meninggal pada 12 januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan
tetap selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang dia dirikan
bersama David Packard, merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang
bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif
menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer,
komputer dan lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak
digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.
2.
Perumusan Masalah
Study
Kasus
Industri : hi-tech (Hewlett-Packard printers)
Masalah : Menganalisis fasilitas jaringan global.
Fasilitas Maquiladora
Lokasi : Singapura / Kanada; Meksiko
Kasus
Utama : Hewlett – Packard Singapura
Sudah
lebih 20 tahun Hewlett Packard mengatur perusahaannya yang ada di Singapura
untuk memproduksi kalkulator, HP telah
memberikan kemampuan manajerialnya dan sumber daya untuk mengembangkan
lisensinya dalam pengembangan teknologinya. Detail kasus dalam meningkatkan
pertumbuhan volume kapasitas perusahaan dan pengaturan failitas R & D. Dari
beberapa proyek dijelaskan, dimana Singapura memberikan kontribusi dalam
peningkatan jumlah ketrampilan yang mengarahkan kepada berbagai upaya untuk
mengatasi kegagalan dalam pengembangan co-printer baru. Dan kini Singapura
merasa siap untuk mengembangkan printer pada pasar di Jepang. Dan dari kasus
tersebut muncul pertanyaan, apakah HP benar – benar siap atau tidak melakukan
trobosan tersebut. Ada juga masalah apakah pengembang mampu memahami pasar
Jepang dengan baik.
·
Apakah yang menyebabkan proyek Apex
gagal?
·
Apakah mungkin HP-Singapura mampu
memasuki pasar Jepang dengan produknya yang berupa printer Deskjet 500J?
LANDASAN TEORI
Supply Chain Management
Supply Chain Management adalah sebuah
‘proses payung’ di mana produk
diciptakan dan disampaikan kepada konsumen
dari sudut struktural. Sebuah supply chain (rantai suplai)
merujuk kepada jaringan
yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi
dengan rekan bisnisnya
untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen.
(Kalakota, 2000, h197)
Tujuan yang hendak dicapai dari setiap rantai suplai adalah
untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan (Chopra, 2001,
h5). Rantai suplai yang terintegrasi akan meningkatkan keseluruhan nilai yang
dihasilkan oleh rantai suplai tersebut.
Manajemen Rantai Suplai adalah koordinasi dari bahan, informasi dan
arus keuangan antara
perusahaan yang berpartisipasi. Manajemen rantai suplai bisa juga berarti
seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir ke
konsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai.
Menurut
Turban, Rainer, Porter (2004, h321), terdapat 3 macam komponen rantai suplai,
yaitu:
1. Rantai Suplai Hulu / Upstream Supply Chain
Bagian upstream (hulu) supply chain meliputi aktivitas
dari suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya (yang mana dapat
manufaktur, assembler, atau kedua-duanya) dan koneksi mereka kepada pada
penyalur mereka (para penyalur second-trier). Hubungan para penyalur
dapat diperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal material
(contohnya bijih tambang, pertumbuhan tanaman). Di
dalam upstream supply chain, aktivitas yang utama adalah pengadaan.
2. Manajemen Internal Suplai Rantai / Internal Supply Chain Management
Bagian dari internal
supply chain meliputi semua proses pemasukan barang ke gudang yang
digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran
organisasi
itu. Hal ini meluas dari waktu masukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam
rantai suplai internal, perhatian yang utama adalah manajemen produksi,
pabrikasi, dan pengendalian persediaan.
3. Segmen Rantai Suplai Hilir / Downstream Supply Chain Segment
Downstream
(arah muara) supply chain meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman
produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstream supply chain, perhatian
diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service.
Permasalahan Manajemen Rantai Suplai
Manajemen
rantai suplai harus memasukan problem dibawah:
·
Distribusi
Konfigurasi Jaringan: Jumlah dan lokasi supplier, fasilitas produksi, pusat
distribusi ( distribution centre/D.C.), gudang dan pelanggan.
·
Strategi
Distribusi: Sentralisasi atau desentralisasi, pengapalan langsung, Berlabuh silang,
strategi menarik atau mendorong, logistik
orang ke tiga.
·
Informasi: Sistem terintregasi dan
proses melalui rantai suplai untuk membagi informasi berharga, termasuk
permintaan sinyal, perkiraan, inventaris dan transportasi dsb.
·
Manajemen Inventaris:
Kuantitas dan lokasi dari inventaris termasuk barang mentah, proses kerja, dan
barang jadi.
·
Aliran dana: Mengatur syarat pembayaran
dan metodologi untuk menukar dana melewati entitas di dalam rantai suplai.
Eksekusi
rantai suplai ialah mengatur dan koordinasi pergerakan material, informasi dan
dana di antara rantai suplai tersebut. Alurnya sendiri dua arah.
Aktivitas / Fungsi
Supply Chain Management ialah pendekatan antar-fungsi (cross
functional) untuk mengatur pergerakan material mentah kedalam sebuah
organisasi dan pergerakan dari barang jadi keluar organisasi menuju konsumen
akhir. Sebagaimana korporasi lebih fokus dalam kompetensi inti dan lebih fleksibel, mereka harus
mengurangi kepemilikan mereka atas sumber material mentah dan kanal distribusi.
Fungsi ini meningkat menjadi kekurangan sumber ke perusahaan lain yang terlibat
dalam memuaskan permintaan konsumen, sementara mengurangi kontrol manajemen
dari logistik harian. Pengendalian lebih sedikit dan partner rantai suplai
menuju ke pembuatan konsep rantai suplai. Tujuan dari manajemen rantai suplai
ialah meningkatkan ke[percayaan dan kolaborasi di antara rekanan rantai suplai,
dan meningkatkan inventaris dalam kejelasannya dan meningkatkan percepatan
inventori. Secara garis besar, fungsi manajemen ini bisa dibagi tiga, yaitu
distribusi, jejaring dan perencaan kapasitas, dan pengembangan rantai suplai.
Beberapa model telah diajukan untuk memahami aktivitas yang
dibutuhkan untuk mengatur pergerakan material di organisasi dan batasan
fungsional. SCOR adalah model manajemen rantai suplai yang dipromosikan oleh
Majelis Manajemen Rantai Suplai. Model lain ialah SCM yang diajukan oleh Global
Supply Chain Forum (GSCF). Aktivitas suplai rantai bisa dikelompokan ke
tingkat strategi, taktis, dan operasional.
Strategis
·
Optimalisasi jaringan strategis,
termasuk jumlah, lokasi, dan ukuran gudang, pusat
distribusi dan fasilitas
·
Rekanan strategis
dengan pemasok suplai, distributor, dan pelanggan, membuat jalur komunikasi
untuk informasi amat penting dan peningkatan operasional seperti cross docking,
pengapalan langsung dan logistik orang ketiga
·
Rancangan produk
yang terkoordinasi, jadi produk yang baru ada bisa diintregasikan secara
optimal ke rantai suplai,manajemen muatan
·
Keputusan dimana membuat dan apa yang
dibuat atau beli
·
Menghubungkan strategi organisasional
secara keseluruhan dengan strategi pasokan/suplai
Taktis
·
Kontrak pengadaan dan keputusan
pengeluaran lainnya
·
Pengambilan Keputusan produksi, termasuk
pengontrakan, lokasi, dan kualitas dari inventori
·
Pengambilan keputusan inventaris, termasuk
jumlah, lokasi, penjadwalan, dan definisi proses perencanaan.
·
Strategi transportasi, termasuk
frekuensi, rute, dan pengontrakan
·
Benchmarking
atau pencarian jalan terbaik atas semua operasi melawan kompetitor dan
implementasi dari cara terbaik
diseluruh perusahaan
·
Gaji berdasarkan pencapaian
Operasional
·
Produksi harian dan perencanaan
distribusi, termasuk semua hal di rantai suplai
·
Perencanaan produksi untuk setiap
fasilitas manufaktru di rantai suplai (menit ke menit)
·
Perencanaan permintaan dan prediksi,
mengkoordinasikan prediksi permintaan dari semua konsumen dan membagi prediksi
dengan semua pemasok
·
Perencanaan pengadaan, termasuk
inventaris yang ada sekarang dan prediksi permintaan, dalam kolaborasi dengan
semua pemasok
·
Operasi inbound, termasuk transportasi
dari pemasok dan inventaris yang diterima
·
Operasi produksi, termasuk konsumsi
material dan aliran barang jadi (finished goods)
·
Operasi outbound, termasuk semua
aktivitas pemenuhan dan transportasi ke pelanggan
·
Pemastian perintah, penghitungan ke
semua hal yang berhubungan dengan rantai suplai, termasuk semua pemasok,
fasilitas manufaktur, pusat distribusi, dan pelanggan lain
Strukturisasi dan Tiering
Jika
dilihat lebih dekat pada apa yang terjadi dalam kenyataannya, istilah rantai
suplai mewakili sebuah serial sederhana dari hubungan antara komoditas
dasar dan produk akhir. Produk akhir membutuhkan material tambahan kedalam
proses manufaktur.
Arus Material dan Informasi
Tujuan dalam Supply Chain Management ialah memastikan
material terus mengalir dari sumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian (parts)
yang bergerak di dalam rantai suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan
dengan tujuan mencegah terjadinya penumpukan inventori di satu lokal, arus ini haruslah diatur
sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yang
teratur. Istilah yang sering digunakan ialah synchronous. (Knill, 1992) tujuannya
selalu berlanjut, arus synchronous. Berlanjut artinya tidak ada
interupsi, tidak ada bola yang jatuh, tidak ada akumulasi yang tidak
diperlukan. Dan synchronous berarti semuanya berjalan seperti balet.
Bagian-bagian dan komponen-komponen dikirim tepat waktu, dalam sekuensi yang
seharusnya, sama persis sampai titik yang mereka butuhkan.
Terkadang sangat susah untuk melihat sifat arus "akhir
ke akhir" dalam rantai suplai yang ada. Efek negatif dari kesulitan ini
termasuk penumpukan inventori dan respon tidak
keruan pada permintaan konsumen akhir. Jadi, strategi manajemen membutuhkan
peninjauan yang holistik pada hubungan suplai.
Teknologi informasi memungkinkan pembagian
cepat dari data permintaan dan penawaran. Dengan membagi informasi di seluruh
rantai suplai ke konsumen akhir, kita bisa membuat sebuah rantai permintaan,
diarahkan pada penyediaan nilai konsumen yang lebih. Tujuannya ialha
mengintegrasikan data permintaan dan suplai jadi gambaran yang akuarasinya
sudah meningkatdapat diambil tentang sifat dari proses bisnis, pasar dan
konsumen akhir. Integrasi ini sendiri memungkinkan peningkatan keunggulan kompetitif.
Jadi dengan adanya integrasi ini dalam rantai suplai akan meningkatkan
ketergantungan dan inventori minimum.
PEMBAHASAN
Hasil
dan Pembahasan
Hewlett-Packard
menetapkan sebuah pos R & D, yang pertama dibuka di bawah direktur
laboratorium Prith Banerjee, di suatu negara kunci di kawasan pembuat komputer
tercepat-berkembang.
Beberapa
tahun lalu, Hewlett-Packard (HP) memulai perombakan laboratorium penelitian secara
bertingkat, bertanggung jawab atas beberapa inovasi komputasi yang paling
penting dari 40 tahun terakhir. Sekarang, Direktur laboratorium HP Prith
Banerjee mengalihkan perhatian ke laboratorium setengah dari HP internasional,
yang bertujuan untuk menghasilkan perkembangan mutakhir dari pos-pos ilmiah di Asia,
Eropa, dan Timur Tengah. HP membuka ketujuh laboratorium di Singapura pada
tanggal 24 Februari, mendirikan pusat penelitian di suatu negara kunci di
kawasan HP pertumbuhan tercepat.
Laboratorium
HP juga memfokuskan lebih banyak penelitian di luar negeri pada teknologi
komersial yang ada. Laboratorium Singapura, yang terletak di negara-fasilitas
penelitian, milik pemerintah fokus pada pembuatan perangkat lunak baru.
Singapura, Cina, dan Korea Selatan
adalah negara-negara dengan pertumbuhan penjualan tercepat untuk R & D di
luar negeri yaitu perusahaan-perusahaan AS, menurut laporan 18 Januari dari
National Science Foundation. Singapura merupakan transportasi, keuangan, dan
teknologi.
Pelanggan HP banyak di Asia, di mana
penjualan tumbuh 26% selama kuartal pertama perusahaan.
"Jika anda melihat HP dan
timbul pertanyaan, dimanakah perusahaan ini akan tumbuh selain di AS, itu bukan
di Eropa Barat, dan bukan di Jepang," kata Henry Chesbrough, seorang
profesor di University of California di Berkeley serta eksekutif direktur dari
Haas School of Business Center for Open Inovasion, yang mempelajari perubahan
praktik penelitian perusahaan.
Melihat
kondisi yang demikian HP melakukan pengembangan dalam rangka meningkatkan
pendapatan, melalui produk barunya
berupa printer Deskjet 500J, perusahaan HP berusaha
untuk menembus pasar Jepang yang tadinya belum menjadi target pasar produk ini.
Pada
dasarnya bisnis global berkaitan dengan kemampuan dalam mengidentifikasi pasar
atau target pasar dengan menggunakan fasilitas – fasilitas global yang
bergembang saat ini. Berhasil atau tidaknya menembus pasar global tergantung
bagaimana perusahaan mengenali calon pasar yang akan mereka tuju. Bagaimana
perilaku pasar, budaya pasar juga keinginan pasar yang ada di negara tersebut.
Tentunya dengan didukung dengan kecocokan sumberdaya yang dimiliki perusahaan
tersebut. Ketika semua sudah terstruktur dengan baik dan jelas, maka fasilitas
global yang ada akan dengan secara maksimal dimanfatkan perusahaan, dan potensi
keberhasilan produk dapat terwujud.
Tidak
penting produk yang akan kita jual di pasar global ini akan berhasil atau
tidak, tetapi tergantung pada perusahaan itu dalam menyusun strategi untuk
menembus pasar global, khususnya Jepang yang akan dijadikan sebagai target
pasar produk ini.
Fasilitas Maquiladora.
Istilah maquiladora berasal dari kata maquila
Spanyol, yang di Meksiko kolonial merupakan biaya yang dikumpulkan untuk pabrik pengolahan gandum.
Maquiladora, atau
sering disebut Maquila adalah perusahaan yang digunakan untuk produksi barang
berdasarkan baku impor sementara bahan dan peralatan untuk transformasi di
Meksiko dengan ekspor selanjutnya untuk distribusi di Pasar asing .
Istilah dalam industri obligasi mengacu
pada konsep industri tradisional, di mana komponen yang diimpor ke Meksiko diimpor dengan
status berikat untuk menjamin bahwa mereka tidak menjual di pasar Meksiko tetapi diekspor setelah mereka dirakit
menjadi jadi atau produk setengah jadi.
Maquiladora merupakan
pabrik di Meksiko yang cukup terkenal yang mengimpor bahan mentah dan
memproduksi barang untuk di eksport.
Industri maquiladora telah mengukuhkan diri dari ekonomi Meksiko. Dewan maquiladora
Industri didirikan pada tahun 1965, dan memperoleh suara kuat sebagai tahun berlalu,
akhirnya menjadi sebuah badan pemerintah utama dalam
pertengahan 70's. Pada tahun 1982 dan sekali lagi pada tahun 1994,
pemerintah Meksiko mendevaluasi peso ke tingkat yang tajam menurunkan
tingkat produktif buruh Meksiko. Daya beli pekerja menurun tajam 1987 1994. Pada
Desember 1987, seorang buruh Meksiko diperlukan untuk bekerja delapan
jam dan 36 menit untuk bekerja, Pada bulan Desember 1998, pekerja harus bekerja
34 jam untuk melakukan kerja yang sama, kiniupah tenaga kerja semakin murah sehingga menyebabkan
investasi asingdari negara Asia banyak di Meksiko. Sebelum tahun 1982, perekonomian Meksiko telah tertutup. Dengan pemilihan presiden baru, mereka "Membuka"
perdagangan perbatasan mereka. Ketika mencoba untuk tetap independen dari AS, mereka mencoba mengambil keuntungan dari perdagangan
dan kedekatan dengan Amerika Serikat.
Keinginan untuk memasukkan Ekonomi internasional mengakibatkan keterlibatan dalam
GATT, Persetujuan Umum tentang Perdagangan dan Tarif. Pada tahun 2001,
ekspor maquiladora mewakili hampir setengah dari total ekspor Meksiko,
menghasilkan lebih dari $ 19 milyar pada valuta asing. Sejak tahun
1998, maquiladora's menjadi top Meksikovaluta asing generator, diikuti oleh minyak
dan gas bumi, kiriman uang migran dan pariwisata.
Selanjutnya, industri mempekerjakan hampir 10 persen
dari sektor formal pekerja Meksiko , yang setara dengan
sekitar 3 persen dari total angkatan kerja di negeri ini.
Berikut adalah beberapa keuntungan pengaturan upah maquiladora sehingga dirikannya operasi maquiladora di Meksiko :
·
100% perusahaan milik asing dan operasi.
·
biaya tenaga kerja rendah (sebuah perusahaan dapat menghemat antara $
17.000 $ 30.000 per pekerja per tahun).
·
Ketersediaan izin imigrasi untuk teknisi asing, supervisor dan manajer.
·
Penyisihan dari perusahaan asing dan
individu yang membentuk perusahaan Meksiko untuk memperoleh tanah dan
bangunan di wilayah pesisir dan perbatasan (dilarang zona) melaluiperusahaan
Meksiko dalam biaya selama penggunaan tanah untuk keperluan industri.
·
Preferensi tarif pada impor ke Meksiko bahan baku, komponen, mesin
dan peralatan yang diperlukan untuk produksi.
·
Preferensi US Bea Cukai program yang memungkinkan perusahaan AS
untuk mengimpor produk baik tugas gratis atau hanya membayar
kewajiban pada nilai tambah di Meksiko.
·
Kuat dan positif kebijakan oleh pemerintah Meksiko terhadap program
maquiladora, dan
·
secara umum, terhadap investasi asing.
·
Jarak dari Meksiko ke pasar AS.
·
Peningkatan tambahan industri dan jasa.
·
100% akses terhadap penjualan di pasar dalam negeri Meksiko.
·
Sederhana AS dan Meksiko prosedur customs clearance.
·
Infrastruktur canggih untuk pemindahan barang.
·
Berpengalaman hukum dan pelayanan pabean sepanjang perbatasan.
·
Meksiko teknisi berpengalaman dan supervisor.
·
Emerging basis dukungan layanan industry
Jenis Operasi Maquiladora
Pada umumnya, ada
tiga cara di mana sebuah perusahaan (non-Meksiko) asing
dapat terlibat dalam proses maquiladora :
A. Sub Kontrak
Subkontrak adalah pembentukan sebuah subkontraktor "" hubungan
dengan Amerika Serikat atau Meksiko subkontraktor dengan tanaman di Meksiko. Dalam pengaturan ini, perusahaan asing biasanya
menyediakankomponen atau bahan baku, peralatan khusus, dll, sementara
sub-kontraktor melakukan semua manufaktur atau pekerjaan perakitan dan
mengambil tanggung jawab atas proses ekspor-impor juga. Itusubkontraktor
biasanya dibayar oleh lembaran, tetapi mungkin dibayar per jam per karyawan.
B. Shelter Operasi
Pembentukan menampung operasi dimana
perusahaan asing mempertahankan kendali proses produksi, menyediakan penelitian
dan pengembangan, bahanbaku, peralatan, modal dan sering kualitas
kontrol. Operator penampungan bertanggung jawab untuk operasi yang terkait
lainnya,yakni, set-up, hukum, akuntansi, bea cukai dan tenaga kerja serta semua
penghubung pemerintah Meksiko, sebagaimana mereka "Rencana
Shelter Perjanjian" rincian. Perusahaan penampungan kemudian biasanya biaya
asing perusahaan pada per jam, per dasar pekerja. Operasi penampungan dapat
memberikan manfaat yang signifikan. Ini adalah sarana yang perusahaan asing
secara bertahap dapat membentuk operasi sendiri di Meksiko. Sangat penting
untuk memiliki tempat tinggal disusun perjanjian-baik ditarik oleh seorang
pengacara yang berpengalaman dalam hal ini sebelum terlibat dalam kegiatan apapun. Pengacara
itu dapat membantu dalam negosiasi dengan penampungan operator serta
merancang perjanjian.
Hal ini terutama penting bahwa ketentuan untuk
penerapan hukum Amerika harus ditetapkan sebagainya jelas dan tegas dalam perjanjian dalam hal terjadi
perselisihan atau kebutuhan untuk menegakkan penilaian. Tugas dan tanggung jawab dari pihak dalam perjanjian harus
ditetapkan khusus dan jelas. Ini membutuhkan nasihat berpengalaman
akrab dengan maquiladora persyaratan untuk mempersiapkan rencana bisnis disusun
dengan hati-hati. Rinci ketentuan untuk semua konsep harus dimasukkan
dalam perjanjian penampungan, termasuk jadwal pengiriman,
tertib terminasi, pilihan untuk membeli, dll.
C. Pemilikan Langsung
Pendirian sebuah perusahaan Meksiko untuk melaksanakan
operasi-perakitan manufaktur dengan kontrol langsung yang ditanggung oleh
perusahaan induk asing. Dalam hal ini korporasi dapat 100% milik
asing, pengecualian untuk posisi bersejarah Meksiko bahwa kepemilikan asing
tidak boleh melebihi 49% tanpa otorisasi pemerintah. Proses hukum
biasanya berlangsung 4-8 minggu melalui proses disempurnakan melalui penerimaan meja
tunggal di kota besar kebanyakan. Departemen Hubungan Luar
Negeri (Secretaria de Relaciones Exteriores "SRE") serta izin perusahaan.
Strategi
yang Digunakan HP :
1.
Strategi Diversifikasi
HP adalah sebuah
teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia.
HP memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi atas masalah
yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. Perusahaan ini menawarkan produk
portofolio teknologi yang sangat lengkap. Belum ada perusahaan lain yang dapat
menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.
Hewlett-Packard
adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai produk, teknologi, perangkat
lunak, solusi, dan layanan di seluruh dunia. Hp membagi layanannya menjadi 7
segmen industry, yaitu :
a)
Enterprise Storage and Services
b)
HP Services
c)
Software
d) Personal System Group
e)
Imaging and Printing Group
f) HP
Financial Services
g) Corporate
Investment
2.
Strategi Integrasi Vertikal
Strategi integrasi
vertikal (vertical integration strategies) merupakan strategi yang menghendaki
perusahaan melakukan penguasaan yang lebih atas distributor, pemasok dan atau
para pesaing baik melalui merjer, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri. Strategi
integrasi yang digunakan perusahaan Hewlett-Packard adalah Integrasi ke
belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau
meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari
pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.
3.
Strategi Intensif
Melalui strategi ini
perusahaan Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan produk yang
dihasilkan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini memerlukan usaha-usaha intensif
karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin ditingkatkan.
Output yang dapat
dilihat dari strategi ini adalah dengan keluarnya produk HP yang memiliki
kualitas yang bagus. Produk-produk tersebut diantaranya adalah:
1. HP Compaq tablet
PC
2. HP Medial Center
PC
3. HP Pavilion
4. HP Seri Compaq
Presario
5. HP iPaq Pocket
PC,dll.
Dengan strategi
intensif yang digunakan, produk-produk yang dihasilkan tersebut akan mampu
menghadapi persaingan dengan kompetitor yang lain.
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari bacaan diatas dapat disimpulkan
bahwa, menurut Henry Chesbrough, seorang profesor di University of California
di Berkeley serta eksekutif direktur dari Haas School of Business Center for
Open Inovasion yang mempelajari perubahan praktik penelitian perusahaan.
mengatakan "Jika anda melihat HP dan timbul pertanyaan, dimanakah
perusahaan ini akan tumbuh selain di AS, itu bukan di Eropa Barat, dan bukan di
Jepang." Perusahan HP (Hewlett-Packard) adalah perusahaan
Global yang menyebar diseluruh pasar Internasional. HP adalah
penyedia global terkemuka produk, teknologi, solusi dan layanan kepada konsumen
dan bisnis. HP menawarkan mencakup infrastruktur TI, komputasi personal dan
perangkat akses mengakses, servis global, dan imaging and printing.
Tetapi HP tidak ingin berpatok pada
pernyataan Henry Chesbrough, HP mempunyai strategi – strategi yang akan
digunakan untuk pasar negara Jepang.
Strategi
yang digunakan adalah :
1.
Strategi Diversifikasi
HP merupakan sebuah
teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia.
Perusahaan ini memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi
atas masalah yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. HP menawarkan produk
portofolio teknologi yang sangat lengkap. Sampai saat ini belum ada perusahaan
lain yang dapat menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.
2.
Strategi Integrasi Vertikal
Perusahaan
Hewlett-Packard menggunakan Strategi integrasi tepatnya strategi Integrasi ke
belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau
meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari
pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.
3.
Strategi Intensif
Dengan menggunakan
strategi intensif perusahaan Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan
produk yang dihasilkan dengan sebaik mungkin. Diperlukan usaha-usaha intensif dalam
kegiatan ini karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin
ditingkatkan.
1 komentar:
nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.
Posting Komentar