Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

HEWLETT - PACKARD (HP)

PENDAHULUAN


1. Latar Belakang Masalah

Hewlett-Packard (HP) adalah perusahaan terbesar di dunia IT.  Ada perbedaan besar antara budaya nasional Singapura dan Amerika Serikat,  khususnya dalam dimensi Hofstede individualisme, menghindari ketidakpastian dan kekuasaan  jarak (Hofstede, 2003). Namun, budaya bisnis Singapura yang 'kebarat-baratan' karena  untuk ekonomi yang mereka anut berbasis teknologi dan adanya pertumbuhan multinasional organisasi.  Ada kecenderungan teknologi portabel dan kompak dalam pasar global TI.  Kecenderungan ini mencerminkan beberapa strategi pembangunan utama yang digunakan oleh HP, yang digunakan  untuk meningkatkan pangsa pasar di bidang-bidang seperti komputer portabel. HP juga mengembangkannya  perangkat lunak dan sektor jasa untuk mempertahankan daya saing dengan perusahaan lain dan cepat dalam  mengembangkan sektor jasa IT di India.  HP Singapura memiliki struktur organisasi divisi. Pernyataan Misinya menunjukkan bahwa  itu adalah sebuah perusahaan visioner yang misinya adalah pusat operasinya. HP dibagi menjadi empat kelompok usaha utama meliputi PC, server, imaging dan produk percetakan, serta TI  layanan dan penyimpanan.

Profil Perusahaan
Hewlett-Packard Company NYSE : HPQ, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. dengan total pendapatan $ US91.7 miliar pada tahun 2006 (Hewlett-Packard, 2007). HP berbasis di Amerika Serikat dan beroperasi di lebih dari 170 negara. Laporan ini akan menganalisa operasi HP di Singapura, di mana  perusahaan telah berbasis kantor pusat untuk kawasan Asia Pasifik. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputerisasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.
HP ingin menjadi "itu" ketika datang ke TI. Hewlett-Packard menyediakan salah satu portofolio dunia teknologi paling komprehensif dari perangkat keras, perangkat lunak, dan jasa. Produk meliputi PC, server, perangkat penyimpanan, printer, dan peralatan jaringan. Unit pelayanan, itu menyediakan TI dan proses bisnis outsourcing, pengembangan aplikasi dan manajemen, konsultasi, integrasi sistem, dan layanan teknologi lainnya. Produk perangkat lunak HP termasuk perusahaan manajemen TI, manajemen informasi, intelijen bisnis, dan carrier-grade aplikasi komunikasi. Pasar perusahaan untuk konsumen, bisnis, instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah di lebih dari 170 negara; sekitar dua-pertiga dari penjualan berasal dari luar AS.
Pesaing utama HP dalam bisnis PC termasuk:
·         Dell
·         Gateway,
·         Inc.
·         Lenovo (Purchased IBM's Non-server Computer Business)
·         Sony
·         Toshiba

Berikut adalah sejarah berdirinya perusahaan Hewlett Pacard.
Salah seorang pendiri perusahaan Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) bersama dengan David Packard yang meninggal pada tahun 1996.
Perusahaan ini didirikan hanya dengan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja diambil dari nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett pernah memegang berbagai jabatan penting. Namun sejak tahun 1978, Hewlett berhenti dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.
Semasa menjadi mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada tahun 1934, Hewlett mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts) dari Stanford University. Gelar masternya dalam bidang Electrical Engineering, ia dapat dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur dari Stanford University. Perlu diketahui juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 Honorary Degrees dari berbagai universitas.
Sewaktu belajar di Stanford University, dia bertemu dengan David Packard yang akhirnya menjadi sahabat baik Hewlett. Perjalanan karir Hewlett bisa dibilang menarik. Selama perang dunia ke-2, Hewlett pernah bekerja di Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk ke dalam sebuah tim yang bertugas menginspeksi industri jepang ketika perang dunia ke-2 berakhir. Tahun 1947, setelah kembali dari tugasnya itu, Hewlett pergi ke Palo Ato.
Ia mulai bekerja di perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard Company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice President. Tujuh tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.
Hewlett adalah salah seorang yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima adalah penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett juga adalah orang yang mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council yang berada di Washington.
William R. Hewlett meninggal pada 12 januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan tetap selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard, merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer dan lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

2. Perumusan Masalah

Study Kasus
Industri     :    hi-tech (Hewlett-Packard printers)
Masalah     :    Menganalisis fasilitas jaringan global.
                        Fasilitas Maquiladora
Lokasi        :    Singapura / Kanada; Meksiko

Kasus Utama : Hewlett – Packard Singapura
Sudah lebih 20 tahun Hewlett Packard mengatur perusahaannya yang ada di Singapura untuk  memproduksi kalkulator, HP telah memberikan kemampuan manajerialnya dan sumber daya untuk mengembangkan lisensinya dalam pengembangan teknologinya. Detail kasus dalam meningkatkan pertumbuhan volume kapasitas perusahaan dan pengaturan failitas R & D. Dari beberapa proyek dijelaskan, dimana Singapura memberikan kontribusi dalam peningkatan jumlah ketrampilan yang mengarahkan kepada berbagai upaya untuk mengatasi kegagalan dalam pengembangan co-printer baru. Dan kini Singapura merasa siap untuk mengembangkan printer pada pasar di Jepang. Dan dari kasus tersebut muncul pertanyaan, apakah HP benar – benar siap atau tidak melakukan trobosan tersebut. Ada juga masalah apakah pengembang mampu memahami pasar Jepang dengan baik.
·         Apakah yang menyebabkan proyek Apex gagal?
·         Apakah mungkin HP-Singapura mampu memasuki pasar Jepang dengan produknya yang berupa printer Deskjet 500J?



LANDASAN TEORI

Supply Chain Management
Supply Chain Management adalah sebuah ‘proses payung’ di mana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen dari sudut struktural. Sebuah supply chain (rantai suplai) merujuk kepada jaringan yang rumit dari hubungan yang mempertahankan organisasi dengan rekan bisnisnya untuk mendapatkan sumber produksi dalam menyampaikan kepada konsumen. (Kalakota, 2000, h197)
Tujuan yang hendak dicapai dari setiap rantai suplai adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan (Chopra, 2001, h5). Rantai suplai yang terintegrasi akan meningkatkan keseluruhan nilai yang dihasilkan oleh rantai suplai tersebut.
Manajemen Rantai Suplai adalah koordinasi dari bahan, informasi dan arus keuangan antara perusahaan yang berpartisipasi. Manajemen rantai suplai bisa juga berarti seluruh jenis kegiatan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir ke konsumen untuk mendaur ulang produk yang sudah dipakai.

Menurut Turban, Rainer, Porter (2004, h321), terdapat 3 macam komponen rantai suplai, yaitu:

1. Rantai Suplai Hulu / Upstream Supply Chain
     Bagian upstream (hulu) supply chain meliputi aktivitas dari suatu perusahaan manufaktur dengan para penyalurannya (yang mana dapat manufaktur, assembler, atau kedua-duanya) dan koneksi mereka kepada pada penyalur mereka (para penyalur second-trier). Hubungan para penyalur dapat diperluas kepada beberapa strata, semua jalan dari asal material (contohnya bijih tambang, pertumbuhan tanaman). Di dalam upstream supply chain, aktivitas yang utama adalah pengadaan.

2. Manajemen Internal Suplai Rantai / Internal Supply Chain Management
     Bagian dari internal supply chain meliputi semua proses pemasukan barang ke gudang yang digunakan dalam mentransformasikan masukan dari para penyalur ke dalam keluaran organisasi itu. Hal ini meluas dari waktu masukan masuk ke dalam organisasi. Di dalam rantai suplai internal, perhatian yang utama adalah manajemen produksi, pabrikasi, dan pengendalian persediaan.

3. Segmen Rantai Suplai Hilir / Downstream Supply Chain Segment
     Downstream (arah muara) supply chain meliputi semua aktivitas yang melibatkan pengiriman produk kepada pelanggan akhir. Di dalam downstream supply chain, perhatian diarahkan pada distribusi, pergudangan, transportasi, dan after-sales-service.

Permasalahan Manajemen Rantai Suplai

Manajemen rantai suplai harus memasukan problem dibawah:
·         Distribusi Konfigurasi Jaringan: Jumlah dan lokasi supplier, fasilitas produksi, pusat distribusi ( distribution centre/D.C.), gudang dan pelanggan.
·         Strategi Distribusi: Sentralisasi atau desentralisasi, pengapalan langsung, Berlabuh silang, strategi menarik atau mendorong, logistik orang ke tiga.
·         Informasi: Sistem terintregasi dan proses melalui rantai suplai untuk membagi informasi berharga, termasuk permintaan sinyal, perkiraan, inventaris dan transportasi dsb.
·         Manajemen Inventaris: Kuantitas dan lokasi dari inventaris termasuk barang mentah, proses kerja, dan barang jadi.
·         Aliran dana: Mengatur syarat pembayaran dan metodologi untuk menukar dana melewati entitas di dalam rantai suplai.

Eksekusi rantai suplai ialah mengatur dan koordinasi pergerakan material, informasi dan dana di antara rantai suplai tersebut. Alurnya sendiri dua arah.


Aktivitas / Fungsi

Supply Chain Management ialah pendekatan antar-fungsi (cross functional) untuk mengatur pergerakan material mentah kedalam sebuah organisasi dan pergerakan dari barang jadi keluar organisasi menuju konsumen akhir. Sebagaimana korporasi lebih fokus dalam kompetensi inti dan lebih fleksibel, mereka harus mengurangi kepemilikan mereka atas sumber material mentah dan kanal distribusi. Fungsi ini meningkat menjadi kekurangan sumber ke perusahaan lain yang terlibat dalam memuaskan permintaan konsumen, sementara mengurangi kontrol manajemen dari logistik harian. Pengendalian lebih sedikit dan partner rantai suplai menuju ke pembuatan konsep rantai suplai. Tujuan dari manajemen rantai suplai ialah meningkatkan ke[percayaan dan kolaborasi di antara rekanan rantai suplai, dan meningkatkan inventaris dalam kejelasannya dan meningkatkan percepatan inventori. Secara garis besar, fungsi manajemen ini bisa dibagi tiga, yaitu distribusi, jejaring dan perencaan kapasitas, dan pengembangan rantai suplai.
Beberapa model telah diajukan untuk memahami aktivitas yang dibutuhkan untuk mengatur pergerakan material di organisasi dan batasan fungsional. SCOR adalah model manajemen rantai suplai yang dipromosikan oleh Majelis Manajemen Rantai Suplai. Model lain ialah SCM yang diajukan oleh Global Supply Chain Forum (GSCF). Aktivitas suplai rantai bisa dikelompokan ke tingkat strategi, taktis, dan operasional.

 

Strategis

·         Optimalisasi jaringan strategis, termasuk jumlah, lokasi, dan ukuran gudang, pusat distribusi dan fasilitas
·         Rekanan strategis dengan pemasok suplai, distributor, dan pelanggan, membuat jalur komunikasi untuk informasi amat penting dan peningkatan operasional seperti cross docking, pengapalan langsung dan logistik orang ketiga
·         Rancangan produk yang terkoordinasi, jadi produk yang baru ada bisa diintregasikan secara optimal ke rantai suplai,manajemen muatan
·         Keputusan dimana membuat dan apa yang dibuat atau beli
·         Menghubungkan strategi organisasional secara keseluruhan dengan strategi pasokan/suplai

Taktis

·         Kontrak pengadaan dan keputusan pengeluaran lainnya
·         Pengambilan Keputusan produksi, termasuk pengontrakan, lokasi, dan kualitas dari inventori
·         Pengambilan keputusan inventaris, termasuk jumlah, lokasi, penjadwalan, dan definisi proses perencanaan.
·         Strategi transportasi, termasuk frekuensi, rute, dan pengontrakan
·         Benchmarking atau pencarian jalan terbaik atas semua operasi melawan kompetitor dan implementasi dari cara terbaik diseluruh perusahaan
·         Gaji berdasarkan pencapaian

Operasional

·         Produksi harian dan perencanaan distribusi, termasuk semua hal di rantai suplai
·         Perencanaan produksi untuk setiap fasilitas manufaktru di rantai suplai (menit ke menit)
·         Perencanaan permintaan dan prediksi, mengkoordinasikan prediksi permintaan dari semua konsumen dan membagi prediksi dengan semua pemasok
·         Perencanaan pengadaan, termasuk inventaris yang ada sekarang dan prediksi permintaan, dalam kolaborasi dengan semua pemasok
·         Operasi inbound, termasuk transportasi dari pemasok dan inventaris yang diterima
·         Operasi produksi, termasuk konsumsi material dan aliran barang jadi (finished goods)
·         Operasi outbound, termasuk semua aktivitas pemenuhan dan transportasi ke pelanggan
·         Pemastian perintah, penghitungan ke semua hal yang berhubungan dengan rantai suplai, termasuk semua pemasok, fasilitas manufaktur, pusat distribusi, dan pelanggan lain

Strukturisasi dan Tiering

Jika dilihat lebih dekat pada apa yang terjadi dalam kenyataannya, istilah rantai suplai mewakili sebuah serial sederhana dari hubungan antara komoditas dasar dan produk akhir. Produk akhir membutuhkan material tambahan kedalam proses manufaktur.

Arus Material dan Informasi

Tujuan dalam Supply Chain Management ialah memastikan material terus mengalir dari sumber ke konsumen akhir. Bagian-bagian (parts) yang bergerak di dalam rantai suplai haruslah berjalan secepat mungkin. Dan dengan tujuan mencegah terjadinya penumpukan inventori di satu lokal, arus ini haruslah diatur sedemikian rupa agar bagian-bagian tersebut bergerak dalam koordinasi yang teratur. Istilah yang sering digunakan ialah synchronous. (Knill, 1992) tujuannya selalu berlanjut, arus synchronous. Berlanjut artinya tidak ada interupsi, tidak ada bola yang jatuh, tidak ada akumulasi yang tidak diperlukan. Dan synchronous berarti semuanya berjalan seperti balet. Bagian-bagian dan komponen-komponen dikirim tepat waktu, dalam sekuensi yang seharusnya, sama persis sampai titik yang mereka butuhkan.

Terkadang sangat susah untuk melihat sifat arus "akhir ke akhir" dalam rantai suplai yang ada. Efek negatif dari kesulitan ini termasuk penumpukan inventori dan respon tidak keruan pada permintaan konsumen akhir. Jadi, strategi manajemen membutuhkan peninjauan yang holistik pada hubungan suplai.

Teknologi informasi memungkinkan pembagian cepat dari data permintaan dan penawaran. Dengan membagi informasi di seluruh rantai suplai ke konsumen akhir, kita bisa membuat sebuah rantai permintaan, diarahkan pada penyediaan nilai konsumen yang lebih. Tujuannya ialha mengintegrasikan data permintaan dan suplai jadi gambaran yang akuarasinya sudah meningkatdapat diambil tentang sifat dari proses bisnis, pasar dan konsumen akhir. Integrasi ini sendiri memungkinkan peningkatan keunggulan kompetitif. Jadi dengan adanya integrasi ini dalam rantai suplai akan meningkatkan ketergantungan dan inventori minimum.



PEMBAHASAN

Hasil dan Pembahasan
Hewlett-Packard menetapkan sebuah pos R & D, yang pertama dibuka di bawah direktur laboratorium Prith Banerjee, di suatu negara kunci di kawasan pembuat komputer tercepat-berkembang.
Beberapa tahun lalu, Hewlett-Packard (HP) memulai perombakan laboratorium penelitian secara bertingkat, bertanggung jawab atas beberapa inovasi komputasi yang paling penting dari 40 tahun terakhir. Sekarang, Direktur laboratorium HP Prith Banerjee mengalihkan perhatian ke laboratorium setengah dari HP internasional, yang bertujuan untuk menghasilkan perkembangan mutakhir dari pos-pos ilmiah di Asia, Eropa, dan Timur Tengah. HP membuka ketujuh laboratorium di Singapura pada tanggal 24 Februari, mendirikan pusat penelitian di suatu negara kunci di kawasan HP pertumbuhan tercepat.
Laboratorium HP juga memfokuskan lebih banyak penelitian di luar negeri pada teknologi komersial yang ada. Laboratorium Singapura, yang terletak di negara-fasilitas penelitian, milik pemerintah fokus pada pembuatan perangkat lunak baru.
Singapura, Cina, dan Korea Selatan adalah negara-negara dengan pertumbuhan penjualan tercepat untuk R & D di luar negeri yaitu perusahaan-perusahaan AS, menurut laporan 18 Januari dari National Science Foundation. Singapura merupakan transportasi, keuangan, dan teknologi.
Pelanggan HP banyak di Asia, di mana penjualan tumbuh 26% selama kuartal pertama perusahaan.
"Jika anda melihat HP dan timbul pertanyaan, dimanakah perusahaan ini akan tumbuh selain di AS, itu bukan di Eropa Barat, dan bukan di Jepang," kata Henry Chesbrough, seorang profesor di University of California di Berkeley serta eksekutif direktur dari Haas School of Business Center for Open Inovasion, yang mempelajari perubahan praktik penelitian perusahaan.
Melihat kondisi yang demikian HP melakukan pengembangan dalam rangka meningkatkan pendapatan, melalui  produk barunya berupa printer Deskjet 500J, perusahaan HP berusaha untuk menembus pasar Jepang yang tadinya belum menjadi target pasar produk ini.
Pada dasarnya bisnis global berkaitan dengan kemampuan dalam mengidentifikasi pasar atau target pasar dengan menggunakan fasilitas – fasilitas global yang bergembang saat ini. Berhasil atau tidaknya menembus pasar global tergantung bagaimana perusahaan mengenali calon pasar yang akan mereka tuju. Bagaimana perilaku pasar, budaya pasar juga keinginan pasar yang ada di negara tersebut. Tentunya dengan didukung dengan kecocokan sumberdaya yang dimiliki perusahaan tersebut. Ketika semua sudah terstruktur dengan baik dan jelas, maka fasilitas global yang ada akan dengan secara maksimal dimanfatkan perusahaan, dan potensi keberhasilan produk dapat terwujud.
Tidak penting produk yang akan kita jual di pasar global ini akan berhasil atau tidak, tetapi tergantung pada perusahaan itu dalam menyusun strategi untuk menembus pasar global, khususnya Jepang yang akan dijadikan sebagai target pasar produk ini.

Fasilitas Maquiladora.
Istilah  maquiladora  berasal dari kata  maquila Spanyol, yang di Meksiko kolonial merupakan biaya yang dikumpulkan untuk pabrik pengolahan gandum. Maquiladora, atau sering disebut Maquila adalah perusahaan yang digunakan untuk produksi barang berdasarkan baku impor sementara bahan dan peralatan untuk transformasi di Meksiko dengan ekspor selanjutnya untuk distribusi di Pasar asing .
Istilah dalam industri obligasi mengacu pada konsep industri tradisional, di mana komponen yang diimpor ke Meksiko diimpor dengan status berikat untuk menjamin bahwa mereka tidak menjual di pasar Meksiko tetapi diekspor setelah mereka dirakit menjadi jadi atau produk setengah jadi.
Maquiladora merupakan pabrik di Meksiko yang cukup terkenal yang mengimpor bahan mentah dan memproduksi barang untuk di eksport.
Industri maquiladora telah mengukuhkan diri dari ekonomi Meksiko. Dewan maquiladora Industri didirikan pada tahun 1965, dan memperoleh suara kuat sebagai tahun berlalu, akhirnya menjadi sebuah badan pemerintah utama dalam pertengahan 70's. Pada tahun 1982 dan sekali lagi pada tahun 1994, pemerintah Meksiko mendevaluasi peso ke tingkat yang tajam menurunkan tingkat produktif buruh Meksiko. Daya beli pekerja menurun tajam 1987 1994. Pada Desember 1987, seorang buruh Meksiko diperlukan untuk bekerja delapan jam dan 36 menit untuk bekerja, Pada bulan Desember 1998, pekerja harus bekerja 34 jam untuk melakukan kerja yang sama, kiniupah tenaga kerja semakin murah sehingga menyebabkan investasi asingdari negara Asia banyak di Meksiko. Sebelum tahun 1982, perekonomian Meksiko telah tertutup. Dengan pemilihan presiden baru, mereka "Membuka" perdagangan perbatasan mereka. Ketika mencoba untuk tetap independen dari AS, mereka mencoba mengambil keuntungan dari perdagangan dan kedekatan dengan Amerika Serikat.
Keinginan untuk memasukkan Ekonomi internasional mengakibatkan keterlibatan dalam GATT, Persetujuan Umum tentang Perdagangan dan TarifPada tahun 2001, ekspor maquiladora mewakili hampir setengah dari total ekspor Meksiko, menghasilkan lebih dari $ 19 milyar pada valuta asing. Sejak tahun 1998, maquiladora's menjadi top Meksikovaluta asing generator, diikuti oleh minyak dan gas bumi, kiriman uang migran dan pariwisata.
Selanjutnya, industri mempekerjakan hampir 10 persen dari sektor formal pekerja Meksiko , yang setara dengan sekitar 3 persen dari total angkatan kerja di negeri ini.
Berikut adalah beberapa keuntungan  pengaturan upah maquiladora  sehingga dirikannya operasi maquiladora di Meksiko :
·         100% perusahaan milik asing dan operasi.
·         biaya tenaga kerja rendah (sebuah perusahaan dapat menghemat antara $ 17.000 $ 30.000 per pekerja per tahun).
·         Ketersediaan izin imigrasi untuk teknisi asing, supervisor dan manajer.
·         Penyisihan dari perusahaan asing dan individu yang membentuk perusahaan Meksiko untuk memperoleh tanah dan bangunan di wilayah pesisir dan perbatasan (dilarang zona) melaluiperusahaan Meksiko dalam biaya selama penggunaan tanah untuk keperluan industri.
·         Preferensi tarif pada impor ke Meksiko bahan baku, komponen, mesin dan peralatan yang diperlukan untuk produksi.
·         Preferensi US Bea Cukai program yang memungkinkan perusahaan AS untuk mengimpor produk baik tugas gratis atau hanya membayar kewajiban pada nilai tambah di Meksiko.
·         Kuat dan positif kebijakan oleh pemerintah Meksiko terhadap program maquiladora, dan
·         secara umum, terhadap investasi asing.
·         Jarak dari Meksiko ke pasar AS.
·         Peningkatan tambahan industri dan jasa.
·         100% akses terhadap penjualan di pasar dalam negeri Meksiko.
·         Sederhana AS dan Meksiko prosedur customs clearance.
·         Infrastruktur canggih untuk pemindahan barang.
·         Berpengalaman hukum dan pelayanan pabean sepanjang perbatasan.
·         Meksiko teknisi berpengalaman dan supervisor.
·         Emerging basis dukungan layanan industry

Jenis Operasi Maquiladora
Pada umumnya, ada tiga cara di mana sebuah perusahaan (non-Meksiko) asing dapat terlibat dalam proses maquiladora :
A.    Sub Kontrak
Subkontrak adalah pembentukan sebuah subkontraktor "" hubungan dengan Amerika Serikat atau Meksiko subkontraktor dengan tanaman di Meksiko. Dalam pengaturan ini, perusahaan asing biasanya menyediakankomponen atau bahan baku, peralatan khusus, dll, sementara sub-kontraktor melakukan semua manufaktur atau pekerjaan perakitan dan mengambil tanggung jawab atas proses ekspor-impor juga. Itusubkontraktor biasanya dibayar oleh lembaran, tetapi mungkin dibayar per jam per karyawan.

B.     Shelter Operasi
Pembentukan menampung operasi dimana perusahaan asing mempertahankan kendali proses produksi, menyediakan penelitian dan pengembangan, bahanbaku, peralatan, modal dan sering kualitas kontrol. Operator penampungan bertanggung jawab untuk operasi yang terkait lainnya,yakni, set-up, hukum, akuntansi, bea cukai dan tenaga kerja serta semua penghubung pemerintah Meksiko, sebagaimana mereka "Rencana Shelter Perjanjian" rincian. Perusahaan penampungan kemudian biasanya biaya asing perusahaan pada per jam, per dasar pekerja. Operasi penampungan dapat memberikan manfaat yang signifikan. Ini adalah sarana yang perusahaan asing secara bertahap dapat membentuk operasi sendiri di Meksiko. Sangat penting untuk memiliki tempat tinggal disusun perjanjian-baik ditarik oleh seorang pengacara yang berpengalaman dalam hal ini sebelum terlibat dalam kegiatan apapun. Pengacara itu dapat membantu dalam negosiasi dengan penampungan operator serta merancang perjanjian.
Hal ini terutama penting bahwa ketentuan untuk penerapan hukum Amerika harus ditetapkan sebagainya jelas dan tegas dalam perjanjian dalam hal terjadi perselisihan atau kebutuhan untuk menegakkan penilaian. Tugas dan tanggung jawab dari pihak dalam perjanjian harus ditetapkan khusus dan jelas. Ini membutuhkan nasihat berpengalaman akrab dengan maquiladora persyaratan untuk mempersiapkan rencana bisnis disusun dengan hati-hati. Rinci ketentuan untuk semua konsep harus dimasukkan dalam perjanjian penampungan, termasuk jadwal pengiriman, tertib terminasi, pilihan untuk membeli, dll.

C.     Pemilikan Langsung
Pendirian sebuah perusahaan Meksiko untuk melaksanakan operasi-perakitan manufaktur dengan kontrol langsung yang ditanggung oleh perusahaan induk asing. Dalam hal ini korporasi dapat 100% milik asing, pengecualian untuk posisi bersejarah Meksiko bahwa kepemilikan asing tidak boleh melebihi 49% tanpa otorisasi pemerintah. Proses hukum biasanya berlangsung 4-8 minggu melalui proses disempurnakan melalui penerimaan meja tunggal di kota besar kebanyakan. Departemen Hubungan Luar Negeri (Secretaria de Relaciones Exteriores "SRE") serta izin perusahaan.

Strategi yang Digunakan HP :

1.      Strategi Diversifikasi
HP adalah sebuah teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. HP memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. Perusahaan ini menawarkan produk portofolio teknologi yang sangat lengkap. Belum ada perusahaan lain yang dapat menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.
Hewlett-Packard adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai produk, teknologi, perangkat lunak, solusi, dan layanan di seluruh dunia. Hp membagi layanannya menjadi 7 segmen industry, yaitu :
a)      Enterprise Storage and Services
b)      HP Services
c)      Software
d)      Personal System Group
e)      Imaging and Printing Group
f)      HP Financial Services
g)     Corporate Investment


2.      Strategi Integrasi Vertikal
Strategi integrasi vertikal (vertical integration strategies) merupakan strategi yang menghendaki perusahaan melakukan penguasaan yang lebih atas distributor, pemasok dan atau para pesaing baik melalui merjer, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri. Strategi integrasi yang digunakan perusahaan Hewlett-Packard adalah Integrasi ke belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.

3.      Strategi Intensif
Melalui strategi ini perusahaan  Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan produk yang dihasilkan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini memerlukan usaha-usaha intensif karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin ditingkatkan.
Output yang dapat dilihat dari strategi ini adalah dengan keluarnya produk HP yang memiliki kualitas yang bagus. Produk-produk tersebut diantaranya adalah:
1. HP Compaq tablet PC
2. HP Medial Center PC
3. HP Pavilion
4. HP Seri Compaq Presario
5. HP iPaq Pocket PC,dll.
Dengan strategi intensif yang digunakan, produk-produk yang dihasilkan tersebut akan mampu menghadapi persaingan dengan kompetitor yang lain.



PENUTUP
  
KESIMPULAN
Dari bacaan diatas dapat disimpulkan bahwa, menurut Henry Chesbrough, seorang profesor di University of California di Berkeley serta eksekutif direktur dari Haas School of Business Center for Open Inovasion yang mempelajari perubahan praktik penelitian perusahaan. mengatakan "Jika anda melihat HP dan timbul pertanyaan, dimanakah perusahaan ini akan tumbuh selain di AS, itu bukan di Eropa Barat, dan bukan di Jepang." Perusahan HP (Hewlett-Packard) adalah perusahaan Global yang menyebar diseluruh pasar Internasional. HP adalah penyedia global terkemuka produk, teknologi, solusi dan layanan kepada konsumen dan bisnis. HP menawarkan mencakup infrastruktur TI, komputasi personal dan perangkat akses mengakses, servis global, dan imaging and printing.
Tetapi HP tidak ingin berpatok pada pernyataan Henry Chesbrough, HP mempunyai strategi – strategi yang akan digunakan untuk pasar negara Jepang.

Strategi yang digunakan adalah :

1.      Strategi Diversifikasi
HP merupakan sebuah teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Perusahaan ini memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. HP menawarkan produk portofolio teknologi yang sangat lengkap. Sampai saat ini belum ada perusahaan lain yang dapat menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.
 
2.      Strategi Integrasi Vertikal
Perusahaan Hewlett-Packard menggunakan Strategi integrasi tepatnya strategi Integrasi ke belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.

3.      Strategi Intensif
Dengan menggunakan strategi intensif perusahaan  Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan produk yang dihasilkan dengan sebaik mungkin. Diperlukan usaha-usaha intensif dalam kegiatan ini karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin ditingkatkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anonim mengatakan...

nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

Posting Komentar